PENERAPAN HUKUM TERMODINAMIKA PADA KAPAL UAP



PENERAPAN HUKUM TERMODINAMIKA PADA KAPAL UAP
Oleh Izzatul Ilmiyah

     Kapal uap merupakan kapal yang dijalankan dengan menggunakan tenaga uap untuk menggerakkan baling- balingnya agar dapat bergerak untuk menggerakkan kapal uap tersebut. Dalam kapal uap ini kita dapat menerapkan konsep fisika tentang temperatur suhu dan kalor, dimana konsep ini terdapat hubungan yang sangat erat dengan hukum termodinamika I. dalam kehiduppan sehari-hari kkita sering mendengar tentang temperatur suhu dan kalor, akan tetapi kita tidak mengerti apa maksud dari istilah tersebut. Temperatur adalah tingkatan yang menunjujukkan panas dan dinginnya sesuatu baik berupa padat, cair, maupun gas. Adapun kalor adalah perpindahan energi satu ke energi yang lain.
    Pada hukum termodinamika I ini menjelaskan tentang hukum kekekalan energi. Dimana hukum kekekalan energi menyatakan bahwa jumlah enegi total di alam selalu tetap sama. Dalam hal tersebut , dapat dapat dijelaskan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan. Prinsip kerja hokum termodinamika 1 dapat dinyatakan bahwa “kenaikan energy internal dari suatu sistem termodinamika sebanding dengan jumlah energy panas yang ditambahkan kedalam sistem dikurangi dengan kerja yang dilakukan oleh sistem terhadap lingkungannya”. sebagaimana dijelaskan bahwa kita tidak dapat merubah energi satu ke energi yang lain.  Hukum termodinamika I ini merupakan sebuap prinsip dari kekekalan energi yang diperoleh dari energy,kalor dan usaha. Berdasarkan hal tersebut hukum satu termodinamika dapat dirumuskan dengan:
Q= DU + W
    Prinsip kerja kapal uap yaitu merubah energy panas menjadi energi gerak(kinetik). Perubahan energy pada kapal uap ini diperoleh dari pemanasan air dengan api yang diperoleh dari kayu bakar yang dapat menhasilkan perubahan suhu yang terdapat dorongan dan tekanan. Dari perlakuan tersebut dapat menghasilkan uap yang akan keluar dan mendorong udara yang dapar menggerakkan kapal uap tersebut. Perpindahan energy pada kapal uap ini terjadi karena terdapat massa jenis yang berbeda  dalam zat tersebut yaitu zat cair dan zat gas. Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa rumus dari perpindahan kalor adalah:
Q = m.C.D


DAFTAR PUSTAKA


Ahmad, Yuri. 2011. Konsep Dasar Termodinamika.
Atkins, P.W. 1999.KIMIA FISIK jilid 1 edisi keempat. Jakarta: Erlangga
Giancoli, D. C.1997.Fisika .erlangga :jakarta
Nurachmadani, setya,2007.fisika sma.gumunggung surakarta.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim