APLIKASI MESIN BERKAS ELEKTRON UNTUK PENGOLAHAN GAS BUANG


Salah satu sumber polusi dalam skala besar adalah emisi gas buang ke udara dari aktivitas industri berat seperti emisi gas buang SO2 dan NOx, terutama emisi gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara pada pembangkit listrik. Reaksi yang terjadi juga dapat menimbulkan hujan asam yang sangat berbahaya untuk lingkungan. Peningkatan penggunaan batu bara yang mempunyai kualitas rendah dapat memperparah keadaan ini karena batu bara yang berkualitas rendah mengandung kadar belerang tinggi.
Terdapat  beberapa teknologi dan proses yang dapat mengurangi gas buang SO2 dan NOx diantaranya adalah SCR (Selective Catalitic Reduction) dan FGD (Flue Gas Desulphurisation). Namun, teknologi tersebut mempunyai harga yang mahal dan sangat perlu lahan yang luas dalam penggunaanya. Oleh karena itu ada suatu teknologi terbaru yang dipakai dalam berbagai industry yaitu proses pembersihann gas buang SO2 dan NOx menggunakan mesin berkas electron (MBE) yang mengurangi kadar polutan gas buang hingga ambang batas yang aman bagi lingkungan kita. Ada beberapa kelebihan ketika menggunakan mesin berkas electron (MBE) jika dibandingkan dengan proses konvensional (SCR dan FGD) antara lain : dapat mengolah SO2 dan NOx secara bersamaan dengan tingkat efisiensi yang tinggi, dalam prosesnya dapat menjadikan polutan dirubah menjadi pupuk pertanian dan tidak dihasilkan limbah baru sehingga bisa dibilang ramah lingkungan, serta dapat menggunakan tenaga listrik dengan tegangan kecil sehingga dapat mengurangi biaya produksi tenaga listrik, serta hanya membutuhkan lahan yang kecil dibandingkan teknologi sejenis lainnya.
Pengolahan gas buang menggunakan mesin berkas electron adalah proses pengolahan gas buang dengan menggunakan berkas electron yang dapat mengurangi emisi gas SO2 dan NOx. Radikal aktif yang dihasilkan dari iridasi gas buang bereaksi dengan SO2 dan NOx sehingga membentuk asam sulfat dan asam nitrat. Asam nitrat dan asam sulfat akan berubah menjadi ammonium sulfat nitrat dan ammonium sulfat dengan penambahan ammonia. Gambar dibawah ini merupakan prinsip proses pengolahan gas buang dengan MBE.


            Ketika suatu boiler system pembangkit listrik dibersihkan menggunakan iridasi berkas electron, gas buang yang terdapat di abu-layang harus dibersihkan menggunakan ESP (Dry Electrostatic Precipitator). Kemudian agar kelebabannya meningkat sehingga terjadi penurunan suhu gas buang maka gas buang dilewatkan pada suatu system evaporative spray cooler. Gas buang kemudian diinjeksikan dengan gas ammonia lalu dilewatkan pada bejana proses untuk diiradiasi dengan berkas electron energy tinggi. Agar terjadi pembentukan ammonium sulfat dan ammonium sulfat nitrat maka SO2 dan NOx mengalami oksidasi dan membentuk H2SO4 dan HNO3, setelah itu bereaksi dengan ammonia secara berurutan. Garam-garam yang dihasilkan diproses sehingga menghasilkan bubuk kering menggunakan system pengumpul produk samping. Bubuk kering tersebut yang telah dikumpulkan dapat digunakan sebagai pupuk pada pertanian.

           
Sumber yang kami gunakan : sudjatmoko. 2006. Aplikasi Mesin Berkas Elektron Untuk Pengolahan Gas Buang. GANENDRA. Vol.IX . No.02.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim